On the net : Navigating the World Wide Web


Hasil gambar untuk www



Tahukah Anda bahwa Internet dan World Wide web tidak sama? Internet telah ada sejak tahun 1960an. Tim Berners-Lee menyediakan seluruh umat manusia dengan world wide web.
Dunia web telah mengubah eksistensi manusia. Meskipun ada saat-saat dalam sejarah manusia dimana informasi dan pengetahuan telah dikendalikan dan dilarang, World Wide Web telah menantang hambatan tersebut seperti pepatah gelombang pasang. Informasi dan pengetahuan sekarang tersedia tidak seperti sebelumnya. Tidak hanya pengetahuan formal yang tersedia dan sumber berita online mem bypass penjaga gerbang tradisional karena mengetahui apa yang terjadi di dunia, wiki, blog dan media sosial telah menyediakan saluran dimana orang-orang berbagi informasi. Persahabatan sedang dilakukan di seluruh dunia.

Saat menggunakan World Wide Web telah menjadi hal yang lumrah, menemukan informasi tetap menjadi misteri bagi banyak orang.
Alat utama yang digunakan pengguna kebanyakan dikenal sebagai browser web. Portal utama untuk mencari informasi disebut mesin pencari. Sementara sebagian besar pengguna terbiasa dengan Google, Yahoo, dan Bing, ada mesin pencari tujuan umum lainnya yang tersedia. Misalnya, mesin pencari Baidu sangat populer di China dan Yandex sangat populer di Rusia dan Turki.
Browser web yang paling populer memungkinkan pengguna untuk dengan cepat mengubah mesin pencari sesuai kebutuhan.

Meskipun bukan mesin pencari tujuan umum, ada database online untuk mencari topik tertentu. Misalnya, ada alat pencarian yang didedikasikan untuk film dan acara TV yang disebut imdb.com. Ada alat pencarian tanya jawab yang disebut ask.com.

Mengetahui alat pencarian yang ada hanyalah bagian dari solusi. Mengetik istilah pencarian mudah dipelajari tapi sering membuat pengguna tetap mencari hasil yang ideal. Mengetahui kriteria pencarian juga penting. Berikut beberapa petunjuknya.

  1. Gunakan mesin pencari yang berbeda. Atau gunakan beberapa search engine secara bersamaan dengan menggunakan meta search engine atau agregator.
  2. Gunakan istilah sebanyak mungkin untuk mempersempit pencarian.
  3. Urutan istilah pencarian membantu. Tempatkan kata atau istilah yang lebih penting dulu.
  4. Dengan hasil yang tidak berhasil atau tidak diinginkan, gunakan istilah penelusuran dan sinonim yang berbeda.
  5. Kapitalisasi biasanya membuat sedikit perbedaan dalam hasilnya.
  6. Tanda kutip tidak membantu sekitar satu kata tapi membantu dengan frasa atau kombinasi kata tertentu.
  7. Gunakan tanda minus untuk menghilangkan istilah dari pencarian. Untuk menghindari hasil yang mengandung frasa, gunakan tanda minus di depan tanda kutip pertama.
  8. Gunakan tanda tambah untuk memaksa pencarian memasukkan kata atau frase, yang bisa mencakup kata-kata umum.
  9. Banyak situs web tidak menyertakan alat pencarian spesifik situs. Gunakan mesin pencari umum untuk mencari situs web tertentu. Gunakan situs: operative diikuti oleh URL situs web (Uniform Resource Locator). Misalnya, situs: www.gunadarma.ac.id, diikuti oleh istilah atau frasa penelusuran yang diinginkan.
  10. Elips (tiga titik atau tiga periode) dapat digunakan untuk membatasi rentang numerik, seperti harga atau tanggal.


1.
Beberapa trik ini sangat membantu untuk mencari web dengan lebih efisien. Berani. Jelajahi!

Komentar