Tugas Pengantar Bisnis Informatika


PEMBUATAN WEBSITE PENJUALAN MOBIL HONDA DI DEALER THE JONAS MOTOR MENGGUNAKAN MACROMEDIA DREAMWEAVER MX

Penulis1 Tetty Romondang Sinta Ria

Teknik Informatika
Universitas Gunadarma
Jalan Margonda Raya No.100 Pondok Cina, Beji Kota Depok, Jawa Barat 16431
Telp.: +6285711723561 E-mail:{tettyrs@gmail.com}




Abstract
The Jonas Motor engaged in buying and selling cars intend to market their products through the internet with a website. Because during this marketing is less efficient and more constrained, especially if the buyer wants to but, ask or inquire specification types of cars sold.
In scientific writing, how to create a website car sales in Dealer The Jonas Motor using Macromedia Dreamweaver MX 2004.

Keywords: dealer, The Jonas Motor, car



1.  pendahuluan

Salah satu software yang biasa digunakan untuk membuat sebuah website adalah Macromedia Dreamweaver MX, karena software ini mempunyai kemampuan bagus, yaitu karena mudah untuk dipelajari dan digunakan, sehingga para pegawai dapat menggunakan software ini dengan mudah. Selain itu tampilannya dapat di modifikasi sehingga membuat aplikasi lebih menarik dan banyak yang menggunakannya juga.
Sebuah dealer Mobil “The Jonas Motor” yang bergerak dalam jual beli mobil bermaksud memasarkan produknya melalui internet dengan membuat sebuah website. Karena selama ini pemasarannya kurang efesien dan banyak mengalami kendala, terutama jika peminat ingin membeli, meminta atau menanyakan spesifikasi jenis mobil yang dijual,.
Berdasarkan latar belakang masalah yang telah diuraikan diatas, maka penulis ingin memberi judul tulisan : “Pembuatan Website Penjualan Mobil di Dealer The Jonas Motor Menggunakan Macromedia Dreamweaver MX 2004 ”.
         Berdasarkan latar belakang masalah yang telah diuraikan di atas, maka penulis ingin membatasi masalah seputar pembuatan website tentang penjualan mobil HONDA, aksesoris dan service kendaraan dengan menggunakan aplikasi Macromedia Dreamweaver MX 2004.
         Penulisan ini bertujuan untuk membuat suatu website yang dapat memberikan informasi tentang penjualan mobil HONDA, service mobil, dan aksesoris mobil Honda sesuai dengan tipe mobil tersebut sehingga dapat membantu mengembangkan usaha jual beli mobil di Dealer The Jonas Motor.
Dreamweaver MX 2004 memiliki berbagi kemampuan, bukan hanya sebagai sofware untuk mendisain web, tetapi juga untuk menyunting kode serta untuk membuat aplikasi wab menggunakan berbagai bahasa pemrogaman seperti JPS, PHP, ASP ataupun ColdFusion. Dreamweaver Mx 2004 telah menjadi sofware utama bagi para web Disainer maupun web progammer dalam mengembangkan sebuah situs. Hal ini karena ruang kerja, fasilitas, dan kemampuan dreamweaver 2004 mampu meningkatkan produktivitas dan efektivitas dalam desain maupun dalam membangun situs. Dreamweaver juga dilengkapi dengan fasilitas yang cukup lengkap untuk manajemen situs.

2.       METODE
Dalam menyusun penulisan ilmiah ini, penulis menggunakan cara atau metode :
1.    Metode Pustaka, yaitu mempelajari tentang perancangan website showroom mobil Honda pada dealer “The Jonas Motor” dengan menggunakan software Macromedia Dreamweaver MX 2004, dengan Teknik Perancangan system, yaitu  melakukan analisis kebutuhan untuk menghasilkan spesifikasi kebutuhan website.
2.  Metode Obsevarsi, yaitu Pengumpulan data dengan cara pengamatan langsung seperti mengadakan survey langsung ke beberapa showroom mobil Honda.

3.   PEMBAHASAN / DISKUSI
a.       Analisa Masalah
  Dealer The Jonas Motor bergerak dibidang jual beli mobil Honda ingin membuat sebuah website yang bertujuan untuk memasarkan mobil honda yang ada pada dealer ini. Dengan membuat website ini, dealer The Jonas Motor biasa mengurangi kendala-kendala yang dialami saat ini. Untuk itu penulis mencoba untuk membuat website yang bertujuan untuk meningkatkan pemasaran serta penjualan pada dealer The Jonas Motor. Dengan menggunakan Macromedia Dreaweaver Mx 2004 yang merupakan software yang mempunyai kemampuan bagus, karena mudah untuk dipelajari dan digunakan, sehingga para pegawai dapat menggunakannya.
b.   Pembahasan Masalah
         Dengan uraian masalah yang terjadi diatas, maka penulis ingin menjelaskan bagaimana cara pembuatan website pada Dealer The Jonas Motor. Dengan adanya website ini, Dealer The Jonas Motor, bias lebih memperkenalkan dan memasarkan produknya pada masyarakat luas dengan mudah dan cepat.
c.       Struktur Navigasi Website
   
      Dalam website ini, penulis menjelaskan satu persatu link-link yang terda.33pat pada website ini. Agar website ini terlihat menarik, maka penulis menggunakan software Macromedia Dreamweaver MX.
·         Pembuatan Page Tampilan Pembuka
Gambar 3.2 Tampilan Pembuka
           
Pada tampilan pembuka ini menampilkan menu utama pada website The Jonas Motor. Pada tampilan ini juga terdapat beberapa link, yang diantaranya link info harga, aksesoris, service, contact us dan beberapa jenis mobil Honda yang bila di klik akan keluar spesifikasi dan harga mobil tersebut.
·         Pembuatan Page Home
Gambar 3.3 Tampilan Menu Home
Pada tampilan Home ini menampilkan isi pembuka dari website The Jonas Motor yang menerangkan cara mudah untuk melihat-lihat jenis-jenis mobil tanpa harus dating ke dealer tersebut untuk melihatnya.

·         Pembuatan Page Info Harga
Gambar 3.4 Tampilan Sketsa INFO HARGA
Pada halaman ini merupakan daftar harga-harga mobil dari The Jonas Motor sesuai dengan jenis mobilnya.

·         Pembuatan Page Aksesoris
Gambar 3.5 Tampilan Sketsa Menu Aksesoris
Pada halaman ini, penulis menampilkan jenis-jenis aksesoris mobil Honda sesuai dengan jenis atau tipe mobilnya.
·         Pembuatan Page Service

Gambar 3.7 Tampilan Sketsa Service
Pada halaman service ini menampilkan menu perbaikan mobil dari The Jonas Motor.

·         Pembuatan Page Contact Us
Gambar 3.8 Tampilan Sketsa Contact Us
Halaman ini menampilkan nomor telepon yang bias dihubungi dan kesan atau pesan dari pengunjung.

·         Pembuatan Page Jenis-jenis Mobil
Gambar 3.9 Tampilan Sketsa Pilihan Mobil Honda
Pada halaman ini menampilkan jenis-jenis mobil yang didalamnya terdapat link yang menghubungkan dengan spesifikasi dari mobil tersebut.

3.   HASIL

Kesimpulan
         Dengan dibuatnya website ini maka semakin penting sebuah publikasi suatu kegiatan untuk memperkenalkan suatu usaha dari badan usaha atau perorangan seperti pada Dealer The Jonas Motor. Dengan media yang lebih luas dan lebih interaktif melalui website memberikan nilai tersendiri pada World Wide Web.
Pembuatan website dengan menggunakan Macromedia Dreamweaver MX mempermudah penulisan dalam penggunaan sebagai berikut: Link-ink ke page yang satu ke page lainnya, Perintah-perintah yang disarankan sangat praktis, cepat dan mudah, Perintah-perintah lembaran HTML lebih sedikit, Fasilitas-fasilitas pada Macromedia Dreamweaver MX menciptakan efesien dan kelengkapan suatu design website, sehingga membuat suatu website yang indah dan menarik untuk dikunjungi.

Saran
1.    Pembuatan website, seharusnya dapat memberikan informasi-informasi yang berguna atau bermanfaat dan jelas serta dapat dilakukan perubahan-perubahan berkala (update) terhadap website yang telah dibuat.
2.    Pembuatan website juga bisa menambah daya kreatifitas dan imajinasi yang membuat agar websitenya lebih menarik, sehingga menarik banyak pengunjung untuk melihatnya.

4.      Daftar Pustaka

[1]  Janner Simarmata, “Panduan Cepat  Menggunakan Dreamweaver MX 2004 Untuk Pemula”, Andi,Yogyakarta,2006.
[2] N, “Macromedia Dreamweaver MX 2004”, Andi, Yogyakarta,2004.
[3]  NN, “Membuat Website Interaktif
Macromedia Dreamweaver MX 2004”, Andi, Yogyakarta, 2004.
[4] Tito Riberu, “Membuat Situs Web dengan Menggunakan Macromedia Dreamweaver MX 2004”, Dinastindo, Jakarta,2004.
29





Komentar