Penerapan Komputasi Kuantum di Berbagai Bidang

Nama : Tetty Romondang
NPM   : 57416348
Kelas  : 4IA17





Saingi Google, IBM Pecahkan Rekor Komputer Kuantum - Tekno Tempo.co


Fisika kuantum adalah salah satu cabang ilmu tersulit di fisika yang ditemukan oleh Richard Feynman. Dikatakan sulit karena fisika kuantum mengharuskan manusia untuk meninggalkan konsep klasik yang telah diterapkan selama berabad-abad. Konsep klasik pada fisika klasik menjelaskan bahwa suatu benda mempunyai lintasan gerak yang pasti. Sedangkan, pada fisika kuantum dijelaskan bahwa partikel tidak bergerak pada lintasan yang pasti.

Komputer yang saat ini beredar yaitu komputer klasik memiliki transistor dan chip. Namun para ilmuwan memprediksi bahwa sekitar tahun 2030 ada kemungkinan komputer kuantum akan menggantikan eksistensi komputer klasik. Komputer kuantum kemungkinan tidak memiliki transistor dan chip dan mempunyai kecepatan yang jauh lebih cepat daripada komputer klasik yang saat ini beredar di pasaran. Komputer kuantum dapat beroperasi tanpa mengkonsumsi energi yang besar dan miliar kali lebih cepat dari komputer saat ini.

Berdasarkan kehebatan yang telah diuraikan di atas, berikut penerapan komputer kuantum di berbagai bidang :


1. Bidang Kimia dan Biologi

Kinerja yang tinggi pada komputer kuantum menjadikan manusia dapat mengembangkan sistem pada bidang farmasi. Simulasi dinamika molekular sangat penting untuk pengembangan aplikasi simulasi pada bidang kimia dan biologi. Komputer kuantum dapat menjalankan analisa pada molekul yang lebih besar daripada kompuetr klasik saat ini. 

Perusahaan bioteknologi Amerika Serikat, Biogen, bekerjasama dengan 1QBit, sebuah perusahaan perangkat lunak kuantum, dan Lab Accenture, Biogen menggunakan komputasi kuantum untuk membandingkan dan menganalisis molekul.




2. Bidang Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence)

Kecepatan memproses pada komputer kuantum dapat membantu sejumlah besar proses dalam waktu yang singkat. Ini akan membuat komputer mampu belajar lebih cepat. Sehingga Machine Learning dan metode Kecerdasan Buatan dapat dilakukan dengan lebih mudah.



QxBranch, startup komputasi kuantum menggunakan perangkat keras D-Wave untuk mensimulasikan hasil pemilihan presiden (pilpres) Amerika Serikat 2016. Di mana model tradisional pada saat pemilihan memprediksi bahwa Hillary Clinton memenangkan pemilihan tersebut. Namun, komputer kuantum QxBranch memiliki pemahaman yang lebih baik mengenai data pemilihan tersebut dan memberikan hasil bahwa Trump memiliki kemenangan lebih tinggi dibandingkan Hillary Clinton.






3. Bidang Keamanan

Pemfaktoran merupakan salah satu masalah yang paling penting dalam kriptografi. Algoritma kuantum memiliki prinsip dapat melakukan faktorisasi yang efisien. Ini menunjukkan proses enksripsi tersebut hanya dapat dilakukan oleh komputer kuantum.  

Salah satu perusahaan yang sudah menyediakan teknologi enkripsi jaringan tingkat kuantum adalah ID Quantique yang berbasis di Swiss didirikan pada tahun 2001. Teknologi tersebut diterapkan untuk industri dan dan pemerintahan di seluruh dunia. 





















Sumber : 
https://www.wartaekonomi.co.id/read220266/ini-dia-lima-bidang-yang-bakal-dilibas-oleh-quantum-computing
http://amutiara.staff.gunadarma.ac.id/Publications/files/2806/Quantum+ComputersOrasi+revisi+ok.pdf

Komentar