Bisnis Informatika (Kelompok 1)
Nama : Tetty Romondang
NPM : 57416348
Kelas : 4IA17
A. DEFINISI UMUM
NPM : 57416348
Kelas : 4IA17
A. DEFINISI UMUM
1.
BISNIS
Bisnis berasal dari kata “business” dalam bahasa
inggris yang berasal dari kata dasar “busy” dan berarti “sibuk” dalam bahasa
indonesia. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang
mendatangkan keuntungan.
Berikut ini beberapa pendapat mengenai bisnis:
·
Dalam arti luas
adalah istilah umum yang menggambarkan semua aktifitas dan institusi yang
memproduksi barang & jasa dalam kehidupan sehari-hari
·
Sebagai suatu
sistem yang memproduksi barang dan jasa untuk memuaskan kebutuhan masyarakat
(“Bussiness is then simply a system that produces goods and service to satisfy
the needs of our society”) [Huat, T Chwee, 1990]
·
Merupakan suatu
organisasi yang menyediakan barang atau jasa yang bertujuan untuk mendapatkan
keuntungan (“Business is an organization that provides goods or services in
order to earn profit“) [Griffin and Ebert, 1996]
Dari pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa:
·
Bisnis adalah
kegiatan yang dilakukan oleh individu dan sekelompok orang (organisasi) yang menciptakan
nilai (create value) melalui penciptaan barang dan jasa (create of good and
service) untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan memperoleh keuntungan melalui
transaksi.
Fungsi bisnis dapat dilihat dari kepentingan mikro
ekonomi dan makro ekonomi.
Fungsi mikro bisnis sebagai kemampuan aktivitas bisnis
yang memberikan kontribusinya pada pihak yang berperan secara langsung terhadap
proses penciptaan nilai yaitu:
1.
Pekerja/Karyawan
Merupakan salah satu sumber daya dan sekaligus input
yang berharga yang dimiliki perusahaan. Pekerja menginginkan gaji yang layak
dari hasil kerjanya sementara manajer menginginkan kinerja yang tinggi yang
ditunjukkan besarnya omzet penjualan dan laba.
2.
Dewan Komisaris
Bagi perusahaan besar seperti PT, terdiri dari
beberapa bahkan ribuan orang yang terlibat didalamnya yang biasa disebut
“Pemegang saham”, Dewan Komisaris diperlukan untuk mewakili para pemegang saham
memantau kegiatan dan mengawasi manajemen, memastikan kegiatan akan berjalan
mencapai tujuan.
3.
Pemegang Saham
Memiliki kepentingan dan tanggung jawab tertentu
terhadap perusahaan.
Fungsi makro bisnis sebagai kemampuan aktifitas bisnis
dalam memberikan kontribusinya pada pihak-pihak yang terlibat secara tidak
langsung dalam pembentukan dan pengendalian bisnis yaitu:
1.
Masyarakat sekitar
perusahaan (Masyarakat Global)
Diharapkan keberadaan perusahaan memberikan kontribusi
kepada masyarakat sekitarnya sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan.
2.
Bangsa dan Negara
Tanggung jawab terhadap bangsa dan Negara diwujudkan
dalam memenuhi kewajibannya dalam membayar pajak.
Aspek – Aspek Bisnis
1.
Kegiatan individu
dan kelompok
Kegiatan bisnis dapat dilakukan baik oleh individu
(perorangan) ataupun kelompok (perusahaan)
2.
Penciptaan nilai
Bisnis didirikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat
melalui penciptaan 4 jenis kegunaan yaitu kegunaan bentuk (form utility),
kegunaan tempat (place utility), kegunaan waktu (time utility) dan kegunaan
kepemilikan (possession utility).
3.
Penciptaan barang
dan jasa
Boleh memilih menciptakan barang atau jasa untuk
memenuhi kebutuhan masyarakat
4.
Keuntungan melalui
transaksi
Setiap usaha didirikan untuk mencapai tujuan-tujuan
tertentu, salah satunya adalah keuntungan.
Bentuk Kepemilikan Bisnis
1.
Perusahaan
Perorangan
Perusahaan yang dikelola dan diawasi oleh satu orang.
Pengelola memperoleh semua keuntungan, disisi lain menanggung semua risiko yang
timbul dalam kegiatan usaha.
2.
Firma
Bentuk badan usaha yang didirikan oleh beberapa orang
dengan menggunakan nama bersama atau satu nama digunakan bersama. Semua anggota
bertanggung-jawab penuh, baik sendiri-sendiri atau bersama-sama terhadap utang
perusahaan kepada pihak lain, kalau perlu dengan seluruh kekayaan
pribadi.Perseroan Komanditer (C.V)
3.
Persekutuan yang
didirikan oleh beberapa
orang (sekutu) yang menyerahkan uangnya untuk dipakai
dalam persekutuan sebagai modal perseroan. Sekutu pada perseroan terdiri dari:
·
Sekutu
Komplementer, yaitu orang yang bersedia memimpin pengaturan perusahaan dan
bertanggung-jawab penuh dengan kekayaan pribadinya.
·
Sekutu Komanditer,
yaitu sekutu yang mempercayakan uangnya dan bertanggung jawab terbatas pada
dana yang disetornya
4.
Perseroan Terbatas
(PT/NV)
Suatu badan yang mempunyai kekayaan, hak serta
kewajiban sendiri yang terpisah dari kekayaan, hak serta kewajiban para pendiri
maupun para pemilik.
5.
Koperasi
Menurut UU No. 25/1992 Koperasi adalah suatu bentuk
badan usaha yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum yang melandaskan
kegiatannya pada prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat
berdasarkan azas kekeluargaan.
Tujuannya meningkatkan kesejahteraan anggota pada
khususnya dan masyarakat pada umumnya serta ikut membangun perekonomian
nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, adil, makmur
berlandaskan Pancasila dan UUD 1945
6.
Badan Usaha Milik
Negara (BUMN)
Semua perusahaan dalam bentuk dan bergerak dalam
bidang usaha apapun yang sebagian atau seluruh modalnya merupakan kekayaan
negara, kecuali jika ditentukan lain berdasarkan U.U
Merupakan bentuk badan hukum yang tunduk pada segala
macam hukum di Indonesia
Karena milik negara maka tujuan utamanya adalah
membangun ekonomi sosial menuju tercapainya masyarakat yang adil dan makmur
2.
Teknologi
Informasi dan Komunikasi (TIK)
·
Definisi teknologi
informasi dan komunikasi menurut Haag dan Keen (1996)
Haag dan Keen (1996) mendefinisikan bahwa teknologi
informasi merupakan seperangkat alat yang membantu Anda bekerja dengan
informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan
informasi.
·
Definisi teknologi
informasi dan komunikasi menurut Robert A.Leitch dan K.Roscoe Davis
Robert A.Leitch dan K.Roscoe Davis mendefinisikan
bahwa teknologi informasi merupakan Suatu sistem yang berada dalam suatu
organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan harian, bersifat manajerial,
mendukung informasi dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan
pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.
·
Definisi teknologi
informasi dan komunikasi menurut Martin (1999)
Martin mendefinisikanteknologi informasi sebagai suatu
teknologi informasi yang tidak hanya terbatas pada teknologi komputer
(perangkat keras dan perangkat lunak) yang digunakan untuk memproses dan
menyimpan informasi melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk
mengirimkan informasi.
·
Definisi teknologi
informasi dan komunikasi menurut William dan Sawyer (2003)
William & Sawyer mendefinisikan bahwa teknologi
informasi merupakan teknologi informasi adalah teknologi yang menggabungkan
komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa
data, suara, dan video.
Prinsip Dasar Teknologi Informasi
Eko Supriyadi (2009) menjelaskan bahwa yang menjadi
dasar dari teknologi informasi ada dua yaitu teknologi komputer dan teknologi
komunikasi.
1. Teknologi komputer
Dalam pemindahan informasi dari pengirim ke penerima,
sebuah informasi harus dirubah dulu sesuai dengan medium yang digunakan (medium
bisa udara, kabel dll) lalu dirubah kembali kebentuk semula agar mudah dicerna
oleh si penerima. Nah, proses pengubahan ini biasa disebut dengan proses
pengolahan. Tugas inilah yang kemudian ditangani oleh alat teknologi informasi
yang biasanya dinamakan sebagai komputer. Bisa dengan kata lain, komputer ini
bertugas dalam mengolah dan menyajikan informasi.
Teknologi berkaitan dengan perangkat komputer dapat
mencakup hardware (perangkat keras misalnya keypad, speaker dll) dan software
(perangkat lunak misalnya program). Komputer merupakan sebuah mesin yang
dikontrol oleh program agar dapat mengolah data menjadi informasi yang
diinginkan. Berbicara terkait komputer tentu saja maknanya sangat luas karena
penggunaan komputer sudah ada dimana-mana mulai dari komputer PC, laptop, PDA
(personal digital assistant), handphone dan sebagainya.
2. Teknologi komunikasi
Teknologi komunikasi merupakan teknologi yang
berhubungan dengan komunikasi terutama komunikasi dalam jarak yang jauh. Alat
teknologi komunikasi bertugas memindahkan informasi dari suatu tempat ke tempat
yang lain. Nah, peralatan yang termasuk ke dalam teknologi ini misalnya radio,
telegraf, telepon, faksimile, televisi, satelit, telepon seluler serta modem
(Ali Muhson, 2009).
3.
Bisnis
Informatika
Informatika adalah
ilmu yang mempelajari transformasi fakta berlambang yaitu data maupun informasi
pada mesin berbasis komputasi, yang mempelajari struktur, sifat dan interaksi
dari beberapa sistem, dan dipakai untuk
mengumpulkan data, memproses, menyimpan hasil pemrosesan data, serta
menampilkannya dalam bentuk informasi.
Jadi dari berbagai
macam pengertian bisnis yang ada, serta arti dari informatika tersebut di atas,
maka pengertian dari bisnis informatika dapat diartikan sebagai suatu kegiatan
yang dilakukan oleh individu dan sekelompok orang atau organisasi yang
menciptakan nilai melalui penciptaan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan
masyarakat dan memperoleh keuntungan melalui transaksi yang berkaitan dengan
teknologi informasi baik teknologi komputer maupun teknologi telekomunikasi.
Bisnis informatika
meliputi semua kegiatan yang dilakukan
dengan cara transaksi jual beli yang berkaitan dengan teknologi informasi,
seperti transaksi jual beli secara online dengan menggunakan hp, laptop atau pc
dan internet.
Ada 2 Jenis dan
tipe bisnis informatika, yaitu :
Bisnis produk
yaitu bisnis yang menjual barang, seperti :
·
hardware
(perangkat keras)
·
software
(perangkat lunak)
Bisnis jasa yaitu
bisnis yang menawarkan pelayanan kepada konsumen, seperti :
a)
software house
adalah seseorang atau sekelompok atau perusahaan kecil yang bergerak di bidang
jasa pembuatan atau perbaikan perangkat lunak.
b)
E-commerce (jual
beli online) yaitu suatu transaksi bisnis yang dilakukan secara elektronik
dengan menggunakan internet sebagai media komunikasi yang paling utama.
c)
IT consultant
adalah bisnis jasa yang menangani konsultasi di bidang IT, seperti memberi
saran bisnis, menyelesaikan masalah teknis maupun memperbaiki struktur dan
efisiensi dalam sistem IT.
B. JENIS
DAN TIPE BISNIS INFORMATIKA
Saat
ini, perkembangan bisnis informatika berkembang dengan pesat. Hal ini dapat
dilihat dari banyaknya usaha yang dibangun memanfaatkan perkembangan teknologi
informatika, contohnya warnet, jual- beli online ( e-commerce ), konsultan IT,
Software house, infrastuktur komputer dan masih banyak lagi. Maraknya
perkembangan bisnis informatika di indonesia tidak lepas dari sedang berkembang
pesatnya teknologi yang ada di indonesia dan banyaknya pengguna teknologi itu
sendiri. sebagai contoh, banyaknya e-commerce ( jual beli barang di internet )
yang terbentuk berbanding lurus dengan semakin banyaknya pengguna internet.
Hal
inilah yang menjadi salah satu faktor penting pesatnya perkembangan bisnis
informatika di indonesia. Dilihat dari faktor - faktor diatas dapat disimpulkan
saat ini bisnis informatika sedang berkembang pesat di seluruh dunia, khususnya
di indonesia. seiring dengan berkembangnya jaman tidak bisa dipungkiri bahwa
mungkin suatu saat nanti seluruh bidang bisnis akan terhubung dengan bidang
informatika.
Jenis
dan Tipe Bisnis di Bidang Teknologi Informatika :
1
Produk
merupakan sebuah aktivitas bisnis
yang bertujuan untuk menghasilkan keuntungan dengan cara menjual produk yang
berbentuk nyata. Dengan kata lain, perusahaan jenis ini menjual sebuah produk
yang berbentuk sebuah objek. Berikut ini merupakan aktivitas dibidang bisnis
produk informatika
·
Hardware (Perangkat
Keras) Adalah bisnis yang melakukan penjualan terhadap hardware/perangkat
keras.
Pekerjaan
yang terkait dengan bidang ini adalah:
-
Technical engineer :
menangani masalah teknik, baik dalam pemeliharaan maupun perbaikan perangkat
sistem komputer.
-
Networking engineer :
Network engineer bertanggungjawab untuk memasang dan mendukung komunikasi
jaringan komputer dalam organisasi atau antar organisasi. Tujuannya adalah
untuk memastikan operasi yang lancar dari jaringan komunikasi untuk menyediakan
performance yang maksimum dan ketersediaan untuk user (staff, client, customer,
supplier, dan lain-lain).
·
Software (Perangkat
Lunak) Adalah bisnis yang melakukan
pejualan terhadap software/perangkat lunak.
Pekerjaan
yang terkait dengan bidang ini adalah:
-
Sistem analis: System analyst merancang solusi IT baru untuk
meningkatkan efisiensi bisnis dan produktifitas. Pekerjaannya dapat untuk
ekstrenal client atau internal client (seperti departemen dalam organisasi yang
sama).
-
Programmer: orang yang
bertugas untuk melakukan implementasi rancangan sistem analis, yaitu membuat
program sesuai dengan sistem yang dianalisa.
-
Web Designer: bertugas
untuk melakukan perencanaan, termasuk studi kelayakan, analisa dan desain suatu
proyek pembuatan aplikasi berbasis web.
-
Web Programmer: memiliki
tugas untuk mengimplementasikan rancangan web designer, dengan membuat program
berbasis web sesuai dengan desain yang dirancang
2
Jasa
merupakan
sebuah aktivitas bisnis yang bertujuan untuk menghasilkan keuntungan dengan
cara menjual jasa yang bentuknya abstrak. Dengan kata lain, perusahaan jenis
ini menawarkan sebuah bantuan bukan menjual sebuah produk yang berbentuk sebuah
objek. Berikut ini merupakan aktivitas di bidang bisnis jasa informatika
·
Software House (
pembuatan software sesuai permintaan )Seorang atau sekelompok orang atau
perusahaan kecil yang bergerak di bidang jasa pembuatan atau perbaikan
perangkat lunak (software). Software house biasanya menerima pembuatan atau
perbaikansoftware, database, website, program accounting lengkap, termasuk
inventory management, purchasing/ selling products and services, Account based
dan support online system, IntelliGuard-EYE: program security kamera ( cctv/
webcam) dengan kemampuan mendeteksi gerakan sehingga dapat memaksimalkan
kapasitas hardware yang tersedia jaringan & SEO bisa untuk semua jenis
usaha ( Perusahaan, tokoh, kasir, hotel, restaurant, maupun personal).
·
E-commerce ( jual-beli
online )
E-commerce merupakan suatu tindakan melakukan
transaksi bisnis secara elektronik dengan menggunakan internet sebagai media
komunikasi yang paling utama (Robert E. Johnson).
Tipe-tipe model bisnis e-commerce
antara lain:
-
Penjualan online (secara
langsung tanpa melalui perantara)
-
Sistem tender elektronik
(suatu model dimana seorang pembeli meminta kadidat penjual untuk menawarkan harga, pemenagnya adalah seorang
penjual yang menawarkan harga yang paling rendah).
-
Lelang dengan harga beli
“name your own price” (suatu model dimana pembeli menentukan harga yang mampu
ia bayar, dan mengundang penjual yang mau menjual barang dengan harga tersebut)
-
Affiliate marketing (
suatu perjanjian dimana rekanan pemasaran ( perusahaan, organisasi, perorangan)
mengacu konsumen ke situs web penjual )
-
Viral marketing
(pemasaran dari “mulut ke mulut” dimana konsumen menganjurkan suatu produk atau
jasa perusahaan kepada teman- temannya atau orang lain)
-
Group purchasing
(pembelian dalam skala besar yang memungkinkan sekelompok pembeli mendapatkan
potongan harga)
-
Lelang online
-
Personalisasi
(kustomisasi) produk atau jasa; menciptakan produk atau jasa sesuai dengan
spesifikasi yang diminta pembeli
-
Pasar elektronik
(e-market) dan exchange
-
Integrator rantai
pertambahan nilai (value chain)
-
Penyedia layanan rantai
pertambahan nilai
-
Broker informasi
-
Pertukaran barang
(barter)
-
Keanggotaan
-
Fasilitator rantai
pasokan (supply chain)
·
Infrastruktur Komputer
Infrastruktur Komputer adalah bisnis
Informatika yang menyediakan sebuah layanan informasi dan komputer, seperti
Internet Service Provider, Jaringan Komputer, dll.
·
IT consultant
Konsultan IT bekerja secara
partnership dengan client, menganjurkan mereka bagaimana untuk menggunakan
teknologi informasi agar memenuhi sasaran bisnis atau menyelesaikan suatu
masalah. Konsultan bekerja untuk memperbaiki struktur dan efisiensi dan sistem
IT organisasi.
Konsultan IT dapat terlibat dalam
bermacam aktivitas seperti marketing, manajemen proyek, customer relationship
management (CRM) dan system development. Mereka juga bertanggungjawab untuk
pelatihan user dan feedback. Pada banyak perusahaan, tugas tersebut dilakukan
oleh IT project team. Konsultan IT makin terlibat dalam penjualan dan
pengembangan bisnis.
Seorang konsultan IT mempunyai
beberapa tugas khusus, yaitu:
-
Bertemu dengan client
untuk menentukan keperluan bisnis
-
Bekerja dengan client
untuk menetapkan jangkauan dari suatu proyek
-
Merencanakan timescale
dan kebutuhan sumber daya
-
Menjelaskan spesifikasi
sistem client, memahami kebiasaan kerja mereka (client) dan sifat dasar dari
bisnisnya
-
Bepergian ke tempat
customer
-
Berhubungan dengan staff
pada semua tingkat dari organisasi client
-
Menetapkan software,
hardware dan kebutuhan jaringan
-
Menganalisa kebutuhan IT
dalam perusahaan dan memberikan nasehat yang independen dan objektif dalam
penggunaan IT
-
Mendevelop solusi yang
cocok dan mengimplementasikan sistem baru
-
Memberikan solusi dalam
laporan tertulis ataupun lisan
-
Membantu client pada
aktivitas perubahan manajemen
-
Membeli sistem jika cocok
-
Merancang, menguji,
memasang dan memonitoring sistem baru
-
Menyiapkan dokumentasi
dan memberikan laporan proses pada customer
-
Mengatur pelatihan untuk
user dan konsultan lain
-
Mengenali potential
client dan membangun dan memelihara hubungan
C. PERKEMBANGAN
BISNIS INFORMATIKA DI INDONESIA DAN DUNIA
Saat
ini kehidupan manusia mulai bergeser ke kehidupan komputasi pervasif, suatu
kehidupan yang meletakkan teknologi informasi sebagai bagian dari kehidupan
manusia kapan dan dimana saja. Hal ini dapat diilihat dari perilaku manusia
yang sudah mulai terbiasa dengan komputer, sudah mulai terbiasa dengan
internet, dan sudah mulai merasakan bahwa sekumpulan kebutuhannya dapat dibantu
oleh teknologi informasi.
Dapat
kita lihat sendiri bahwa telepon genggam yang tadinya hanya bisa digunakan
untuk berkomunikasi dengan suara, kemudian ditambahkan dengan pesan teks (SMS),
pesan multimedia hingga sekarang telepon genggam pun sudah bisa melakukan
hal-hal yang dapat dilakukan dalam komputer.
Ada
5 model bisnis teknologi informasi dan komunikasi, diantaranya adalah :
1. Lisensi
produk software (contohnya perusahaan Andal Software, Dycode, Oracle)
2. Iklan
(contohnya Detik.com, Google)
3. Software
sebagai layanan (contonya Infisys pushmail, Salesforce.com)
4. Penjualan
perangkat keras (contohnya Zyrex, Axioo, Apple)
5. Penjual
jasa konsultasi, integrase, training (contohnya Inixindo, Sigma, Redhat)
Telkom
PT
Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk, biasa disebut Telkom Indonesia atau
Telkom saja adalah perusahaan informasi dan komunikasi serta penyedia jasa dan
jaringan telekomunikasi secara lengkap di Indonesia.
Telkom
merupakan salah satu BUMN yang sahamnya saat ini dimiliki oleh Pemerintah
Indonesia (52,56%), dan 47,44% dimiliki oleh Publik, Bank of New York, dan
Investor dalam Negeri. Telkom juga menjadi pemegang saham mayoritas di 13 anak
perusahaan, termasuk PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel).
Berikut
adalah penjelasan portofolio bisnis Telkom:
·
Mobile
Portofolio
ini menawarkan produk mobile voice, SMS dan value added service, serta mobile
broadband. Produk tersebut ditawarkan melalui entitas anak, Telkomsel, dengan
merk Kartu Halo untuk pasca bayar dan simPATI, Kartu As dan Loop untuk pra
bayar.
·
Fixed
Portofolio
ini memberikan layanan fixed service, meliputi fixed voice, fixed broadband,
termasuk Wi-Fi dan emerging wireless technology lainnya, dengan brand IndiHome.
·
Wholesale &
International
Produk
yang ditawarkan antara lain layanan interkoneksi, network service, Wi-Fi, VAS,
hubbing, data center dan content platform, data dan internet, dan solution.
·
Network Infrastructure
Produk
yang ditawarkan meliputi network service, satelit, infrastruktur dan tower.
·
Enterprise Digital
Terdiri
dari layanan information and communication technology platform service dan
smart enabler platform service.
·
Consumer Digital
Terdiri
dari media dan edutainment service, seperti e-commerce (blanja.com), video/TV
dan mobile based digital service. Selain itu, telkom juga menawarkan digital
life service seperti digital life style (Langit Musik dan VideoMax), digital
payment seperti TCASH, digital advertising and analytics seperti bisnis digital
advertising dan solusi mobile banking serta enterprise digital service yang
menawarkan layanan Internet of Things (IoT).
Profil
perusahaan Google Inc
Google
Inc merupakan perusahaan multinasional Amerika Serikat yang berkekhususan pada
bidang jasa dan produk internet. Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey
Brin. Pada tanggal 4 September 1998 google menjadi perusahaan swasta, dengan
misi mengumpulkan informasi dunia dan membuatnya dapat diakses dan bermanfaat
untuk semua orang. Pada tahun 2006, kantor pusat google pindah ke Mountain
View, California.
Produk
dari google diantaranya adalah :
·
Periklanan, yang terdiri
dari google adsense dan google adwords
·
Aplikasi pencarian
seperti google search, google maps, google earth, google books dan google
translate
·
Komunikasi yaitu Gmail,
google drive, google docs, dan google chrome
·
Telepon genggam yaitu
android
·
Hiburan seperti google
video
Omzet
google 99% berasal dari iklan yang dipasang pada hasil pencarian di internet,
e-mail, peta online, sosial networking, produktivitas perkantoran, dan layanan
sharing video. Tiap tahun pendapatan google melalui iklan ini naik tajam,
sedangkan 1% pendapatan google diperoleh dari lisensi dan pendapatan lainnya.
Komentar
Posting Komentar