Bisnis Informatika (Kelompok 1)

Nama  : Tetty Romondang
NPM   : 57416348
Kelas   : 4IA17



A.    DEFINISI UMUM

1.      BISNIS

Bisnis berasal dari kata “business” dalam bahasa inggris yang berasal dari kata dasar “busy” dan berarti “sibuk” dalam bahasa indonesia. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.

Berikut ini beberapa pendapat mengenai bisnis:

·         Dalam arti luas adalah istilah umum yang menggambarkan semua aktifitas dan institusi yang memproduksi barang & jasa dalam kehidupan sehari-hari

·         Sebagai suatu sistem yang memproduksi barang dan jasa untuk memuaskan kebutuhan masyarakat (“Bussiness is then simply a system that produces goods and service to satisfy the needs of our society”) [Huat, T Chwee, 1990]

·         Merupakan suatu organisasi yang menyediakan barang atau jasa yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan (“Business is an organization that provides goods or services in order to earn profit“) [Griffin and Ebert, 1996]

Dari pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa:

·         Bisnis adalah kegiatan yang dilakukan oleh individu dan sekelompok orang (organisasi) yang menciptakan nilai (create value) melalui penciptaan barang dan jasa (create of good and service) untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan memperoleh keuntungan melalui transaksi.

Fungsi bisnis dapat dilihat dari kepentingan mikro ekonomi dan makro ekonomi.

Fungsi mikro bisnis sebagai kemampuan aktivitas bisnis yang memberikan kontribusinya pada pihak yang berperan secara langsung terhadap proses penciptaan nilai yaitu:

1.      Pekerja/Karyawan

Merupakan salah satu sumber daya dan sekaligus input yang berharga yang dimiliki perusahaan. Pekerja menginginkan gaji yang layak dari hasil kerjanya sementara manajer menginginkan kinerja yang tinggi yang ditunjukkan besarnya omzet penjualan dan laba.

2.      Dewan Komisaris

Bagi perusahaan besar seperti PT, terdiri dari beberapa bahkan ribuan orang yang terlibat didalamnya yang biasa disebut “Pemegang saham”, Dewan Komisaris diperlukan untuk mewakili para pemegang saham memantau kegiatan dan mengawasi manajemen, memastikan kegiatan akan berjalan mencapai tujuan.

3.      Pemegang Saham

Memiliki kepentingan dan tanggung jawab tertentu terhadap perusahaan.

Fungsi makro bisnis sebagai kemampuan aktifitas bisnis dalam memberikan kontribusinya pada pihak-pihak yang terlibat secara tidak langsung dalam pembentukan dan pengendalian bisnis yaitu:

1.      Masyarakat sekitar perusahaan (Masyarakat Global)

Diharapkan keberadaan perusahaan memberikan kontribusi kepada masyarakat sekitarnya sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan.

2.      Bangsa dan Negara

Tanggung jawab terhadap bangsa dan Negara diwujudkan dalam memenuhi kewajibannya dalam membayar pajak.

Aspek – Aspek Bisnis

1.      Kegiatan individu dan kelompok

Kegiatan bisnis dapat dilakukan baik oleh individu (perorangan) ataupun kelompok (perusahaan)

2.      Penciptaan nilai

Bisnis didirikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat melalui penciptaan 4 jenis kegunaan yaitu kegunaan bentuk (form utility), kegunaan tempat (place utility), kegunaan waktu (time utility) dan kegunaan kepemilikan (possession utility).

3.      Penciptaan barang dan jasa

Boleh memilih menciptakan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat

4.      Keuntungan melalui transaksi

Setiap usaha didirikan untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu, salah satunya adalah keuntungan.

Bentuk Kepemilikan Bisnis

1.      Perusahaan Perorangan

Perusahaan yang dikelola dan diawasi oleh satu orang. Pengelola memperoleh semua keuntungan, disisi lain menanggung semua risiko yang timbul dalam kegiatan usaha.

2.      Firma

Bentuk badan usaha yang didirikan oleh beberapa orang dengan menggunakan nama bersama atau satu nama digunakan bersama. Semua anggota bertanggung-jawab penuh, baik sendiri-sendiri atau bersama-sama terhadap utang perusahaan kepada pihak lain, kalau perlu dengan seluruh kekayaan pribadi.Perseroan Komanditer (C.V)

3.      Persekutuan yang didirikan oleh beberapa

orang (sekutu) yang menyerahkan uangnya untuk dipakai dalam persekutuan sebagai modal perseroan. Sekutu pada perseroan terdiri dari:

·         Sekutu Komplementer, yaitu orang yang bersedia memimpin pengaturan perusahaan dan bertanggung-jawab penuh dengan kekayaan pribadinya.

·         Sekutu Komanditer, yaitu sekutu yang mempercayakan uangnya dan bertanggung jawab terbatas pada dana yang disetornya

4.      Perseroan Terbatas (PT/NV)

Suatu badan yang mempunyai kekayaan, hak serta kewajiban sendiri yang terpisah dari kekayaan, hak serta kewajiban para pendiri maupun para pemilik.

5.      Koperasi

Menurut UU No. 25/1992 Koperasi adalah suatu bentuk badan usaha yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum yang melandaskan kegiatannya pada prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat berdasarkan azas kekeluargaan.

Tujuannya meningkatkan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya serta ikut membangun perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, adil, makmur berlandaskan Pancasila dan UUD 1945

6.      Badan Usaha Milik Negara (BUMN)

Semua perusahaan dalam bentuk dan bergerak dalam bidang usaha apapun yang sebagian atau seluruh modalnya merupakan kekayaan negara, kecuali jika ditentukan lain berdasarkan U.U

Merupakan bentuk badan hukum yang tunduk pada segala macam hukum di Indonesia

Karena milik negara maka tujuan utamanya adalah membangun ekonomi sosial menuju tercapainya masyarakat yang adil dan makmur

2.      Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

·         Definisi teknologi informasi dan komunikasi menurut Haag dan Keen (1996)

Haag dan Keen (1996) mendefinisikan bahwa teknologi informasi merupakan seperangkat alat yang membantu Anda bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.

·         Definisi teknologi informasi dan komunikasi menurut Robert A.Leitch dan K.Roscoe Davis

Robert A.Leitch dan K.Roscoe Davis mendefinisikan bahwa teknologi informasi merupakan Suatu sistem yang berada dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan harian, bersifat manajerial, mendukung informasi dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.

·         Definisi teknologi informasi dan komunikasi menurut Martin (1999)

Martin mendefinisikanteknologi informasi sebagai suatu teknologi informasi yang tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi.

·         Definisi teknologi informasi dan komunikasi menurut William dan Sawyer (2003)

William & Sawyer mendefinisikan bahwa teknologi informasi merupakan teknologi informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video.

Prinsip Dasar Teknologi Informasi

Eko Supriyadi (2009) menjelaskan bahwa yang menjadi dasar dari teknologi informasi ada dua yaitu teknologi komputer dan teknologi komunikasi.

1. Teknologi komputer

Dalam pemindahan informasi dari pengirim ke penerima, sebuah informasi harus dirubah dulu sesuai dengan medium yang digunakan (medium bisa udara, kabel dll) lalu dirubah kembali kebentuk semula agar mudah dicerna oleh si penerima. Nah, proses pengubahan ini biasa disebut dengan proses pengolahan. Tugas inilah yang kemudian ditangani oleh alat teknologi informasi yang biasanya dinamakan sebagai komputer. Bisa dengan kata lain, komputer ini bertugas dalam mengolah dan menyajikan informasi.

Teknologi berkaitan dengan perangkat komputer dapat mencakup hardware (perangkat keras misalnya keypad, speaker dll) dan software (perangkat lunak misalnya program). Komputer merupakan sebuah mesin yang dikontrol oleh program agar dapat mengolah data menjadi informasi yang diinginkan. Berbicara terkait komputer tentu saja maknanya sangat luas karena penggunaan komputer sudah ada dimana-mana mulai dari komputer PC, laptop, PDA (personal digital assistant), handphone dan sebagainya.

2. Teknologi komunikasi

Teknologi komunikasi merupakan teknologi yang berhubungan dengan komunikasi terutama komunikasi dalam jarak yang jauh. Alat teknologi komunikasi bertugas memindahkan informasi dari suatu tempat ke tempat yang lain. Nah, peralatan yang termasuk ke dalam teknologi ini misalnya radio, telegraf, telepon, faksimile, televisi, satelit, telepon seluler serta modem (Ali Muhson, 2009).

3.      Bisnis Informatika

Informatika adalah ilmu yang mempelajari transformasi fakta berlambang yaitu data maupun informasi pada mesin berbasis komputasi, yang mempelajari struktur, sifat dan interaksi dari beberapa sistem, dan  dipakai untuk mengumpulkan data, memproses, menyimpan hasil pemrosesan data, serta menampilkannya dalam bentuk informasi.



Jadi dari berbagai macam pengertian bisnis yang ada, serta arti dari informatika tersebut di atas, maka pengertian dari bisnis informatika dapat diartikan sebagai suatu kegiatan yang dilakukan oleh individu dan sekelompok orang atau organisasi yang menciptakan nilai melalui penciptaan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan memperoleh keuntungan melalui transaksi yang berkaitan dengan teknologi informasi baik teknologi komputer maupun teknologi telekomunikasi.



Bisnis informatika meliputi  semua kegiatan yang dilakukan dengan cara transaksi jual beli yang berkaitan dengan teknologi informasi, seperti transaksi jual beli secara online dengan menggunakan hp, laptop atau pc dan internet.



Ada 2 Jenis dan tipe bisnis informatika, yaitu :

Bisnis produk yaitu bisnis yang menjual barang, seperti :

·         hardware (perangkat keras)

·         software (perangkat lunak)



Bisnis jasa yaitu bisnis yang menawarkan pelayanan kepada konsumen, seperti :

a)      software house adalah seseorang atau sekelompok atau perusahaan kecil yang bergerak di bidang jasa pembuatan atau perbaikan perangkat lunak.

b)      E-commerce (jual beli online) yaitu suatu transaksi bisnis yang dilakukan secara elektronik dengan menggunakan internet sebagai media komunikasi yang paling utama.

c)      IT consultant adalah bisnis jasa yang menangani konsultasi di bidang IT, seperti memberi saran bisnis, menyelesaikan masalah teknis maupun memperbaiki struktur dan efisiensi dalam sistem IT.



B.     JENIS DAN TIPE BISNIS INFORMATIKA

Saat ini, perkembangan bisnis informatika berkembang dengan pesat. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya usaha yang dibangun memanfaatkan perkembangan teknologi informatika, contohnya warnet, jual- beli online ( e-commerce ), konsultan IT, Software house, infrastuktur komputer dan masih banyak lagi. Maraknya perkembangan bisnis informatika di indonesia tidak lepas dari sedang berkembang pesatnya teknologi yang ada di indonesia dan banyaknya pengguna teknologi itu sendiri. sebagai contoh, banyaknya e-commerce ( jual beli barang di internet ) yang terbentuk berbanding lurus dengan semakin banyaknya pengguna internet.

Hal inilah yang menjadi salah satu faktor penting pesatnya perkembangan bisnis informatika di indonesia. Dilihat dari faktor - faktor diatas dapat disimpulkan saat ini bisnis informatika sedang berkembang pesat di seluruh dunia, khususnya di indonesia. seiring dengan berkembangnya jaman tidak bisa dipungkiri bahwa mungkin suatu saat nanti seluruh bidang bisnis akan terhubung dengan bidang informatika.

Jenis dan Tipe Bisnis di Bidang Teknologi Informatika :

1      Produk

merupakan sebuah aktivitas bisnis yang bertujuan untuk menghasilkan keuntungan dengan cara menjual produk yang berbentuk nyata. Dengan kata lain, perusahaan jenis ini menjual sebuah produk yang berbentuk sebuah objek. Berikut ini merupakan aktivitas dibidang bisnis produk informatika



·         Hardware (Perangkat Keras) Adalah bisnis yang melakukan penjualan terhadap hardware/perangkat keras.



Pekerjaan yang terkait dengan bidang ini adalah:



-          Technical engineer : menangani masalah teknik, baik dalam pemeliharaan maupun perbaikan perangkat sistem komputer.

-          Networking engineer : Network engineer bertanggungjawab untuk memasang dan mendukung komunikasi jaringan komputer dalam organisasi atau antar organisasi. Tujuannya adalah untuk memastikan operasi yang lancar dari jaringan komunikasi untuk menyediakan performance yang maksimum dan ketersediaan untuk user (staff, client, customer, supplier, dan lain-lain).



·         Software (Perangkat Lunak)  Adalah bisnis yang melakukan pejualan terhadap software/perangkat lunak.



Pekerjaan yang terkait dengan bidang ini adalah:



-          Sistem analis:  System analyst merancang solusi IT baru untuk meningkatkan efisiensi bisnis dan produktifitas. Pekerjaannya dapat untuk ekstrenal client atau internal client (seperti departemen dalam organisasi yang sama).

-          Programmer: orang yang bertugas untuk melakukan implementasi rancangan sistem analis, yaitu membuat program sesuai dengan sistem yang dianalisa.

-          Web Designer: bertugas untuk melakukan perencanaan, termasuk studi kelayakan, analisa dan desain suatu proyek pembuatan aplikasi berbasis web.

-          Web Programmer: memiliki tugas untuk mengimplementasikan rancangan web designer, dengan membuat program berbasis web sesuai dengan desain yang dirancang



2      Jasa

merupakan sebuah aktivitas bisnis yang bertujuan untuk menghasilkan keuntungan dengan cara menjual jasa yang bentuknya abstrak. Dengan kata lain, perusahaan jenis ini menawarkan sebuah bantuan bukan menjual sebuah produk yang berbentuk sebuah objek. Berikut ini merupakan aktivitas di bidang bisnis jasa informatika



·         Software House ( pembuatan software sesuai permintaan )Seorang atau sekelompok orang atau perusahaan kecil yang bergerak di bidang jasa pembuatan atau perbaikan perangkat lunak (software). Software house biasanya menerima pembuatan atau perbaikansoftware, database, website, program accounting lengkap, termasuk inventory management, purchasing/ selling products and services, Account based dan support online system, IntelliGuard-EYE: program security kamera ( cctv/ webcam) dengan kemampuan mendeteksi gerakan sehingga dapat memaksimalkan kapasitas hardware yang tersedia jaringan & SEO bisa untuk semua jenis usaha ( Perusahaan, tokoh, kasir, hotel, restaurant, maupun personal).



·         E-commerce ( jual-beli online )

E-commerce merupakan suatu tindakan melakukan transaksi bisnis secara elektronik dengan menggunakan internet sebagai media komunikasi yang paling utama (Robert E. Johnson).



Tipe-tipe model bisnis e-commerce antara lain:



-          Penjualan online (secara langsung tanpa melalui perantara)

-          Sistem tender elektronik (suatu model dimana seorang pembeli meminta kadidat penjual untuk   menawarkan harga, pemenagnya adalah seorang penjual yang menawarkan harga yang paling rendah).

-          Lelang dengan harga beli “name your own price” (suatu model dimana pembeli menentukan harga yang mampu ia bayar, dan mengundang penjual yang mau menjual barang dengan harga tersebut)

-          Affiliate marketing ( suatu perjanjian dimana rekanan pemasaran ( perusahaan, organisasi, perorangan) mengacu konsumen ke situs web penjual )

-          Viral marketing (pemasaran dari “mulut ke mulut” dimana konsumen menganjurkan suatu produk atau jasa perusahaan kepada teman- temannya atau orang lain)

-          Group purchasing (pembelian dalam skala besar yang memungkinkan sekelompok pembeli mendapatkan potongan harga)

-          Lelang online

-          Personalisasi (kustomisasi) produk atau jasa; menciptakan produk atau jasa sesuai dengan spesifikasi yang diminta pembeli

-          Pasar elektronik (e-market) dan exchange

-          Integrator rantai pertambahan nilai (value chain)

-          Penyedia layanan rantai pertambahan nilai

-          Broker informasi

-          Pertukaran barang (barter)

-          Keanggotaan

-          Fasilitator rantai pasokan (supply chain)



·         Infrastruktur Komputer

Infrastruktur Komputer adalah bisnis Informatika yang menyediakan sebuah layanan informasi dan komputer, seperti Internet Service Provider, Jaringan Komputer, dll.



·         IT consultant

Konsultan IT bekerja secara partnership dengan client, menganjurkan mereka bagaimana untuk menggunakan teknologi informasi agar memenuhi sasaran bisnis atau menyelesaikan suatu masalah. Konsultan bekerja untuk memperbaiki struktur dan efisiensi dan sistem IT organisasi.

Konsultan IT dapat terlibat dalam bermacam aktivitas seperti marketing, manajemen proyek, customer relationship management (CRM) dan system development. Mereka juga bertanggungjawab untuk pelatihan user dan feedback. Pada banyak perusahaan, tugas tersebut dilakukan oleh IT project team. Konsultan IT makin terlibat dalam penjualan dan pengembangan bisnis.



Seorang konsultan IT mempunyai beberapa tugas khusus, yaitu:



-          Bertemu dengan client untuk menentukan keperluan bisnis

-          Bekerja dengan client untuk menetapkan jangkauan dari suatu proyek

-          Merencanakan timescale dan kebutuhan sumber daya

-          Menjelaskan spesifikasi sistem client, memahami kebiasaan kerja mereka (client) dan sifat dasar dari bisnisnya

-          Bepergian ke tempat customer

-          Berhubungan dengan staff pada semua tingkat dari organisasi client

-          Menetapkan software, hardware dan kebutuhan jaringan

-          Menganalisa kebutuhan IT dalam perusahaan dan memberikan nasehat yang independen dan objektif dalam penggunaan IT

-          Mendevelop solusi yang cocok dan mengimplementasikan sistem baru

-          Memberikan solusi dalam laporan tertulis ataupun lisan

-          Membantu client pada aktivitas perubahan manajemen

-          Membeli sistem jika cocok

-          Merancang, menguji, memasang dan memonitoring sistem baru

-          Menyiapkan dokumentasi dan memberikan laporan proses pada customer

-          Mengatur pelatihan untuk user dan konsultan lain

-          Mengenali potential client dan membangun dan memelihara hubungan





C.    PERKEMBANGAN BISNIS INFORMATIKA DI INDONESIA DAN DUNIA

Saat ini kehidupan manusia mulai bergeser ke kehidupan komputasi pervasif, suatu kehidupan yang meletakkan teknologi informasi sebagai bagian dari kehidupan manusia kapan dan dimana saja. Hal ini dapat diilihat dari perilaku manusia yang sudah mulai terbiasa dengan komputer, sudah mulai terbiasa dengan internet, dan sudah mulai merasakan bahwa sekumpulan kebutuhannya dapat dibantu oleh teknologi informasi.

Dapat kita lihat sendiri bahwa telepon genggam yang tadinya hanya bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan suara, kemudian ditambahkan dengan pesan teks (SMS), pesan multimedia hingga sekarang telepon genggam pun sudah bisa melakukan hal-hal yang dapat dilakukan dalam komputer.

Ada 5 model bisnis teknologi informasi dan komunikasi, diantaranya adalah :

1.      Lisensi produk software (contohnya perusahaan Andal Software, Dycode, Oracle)

2.      Iklan (contohnya Detik.com, Google)

3.      Software sebagai layanan (contonya Infisys pushmail, Salesforce.com)

4.      Penjualan perangkat keras (contohnya Zyrex, Axioo, Apple)

5.      Penjual jasa konsultasi, integrase, training (contohnya Inixindo, Sigma, Redhat)

Telkom

PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk, biasa disebut Telkom Indonesia atau Telkom saja adalah perusahaan informasi dan komunikasi serta penyedia jasa dan jaringan telekomunikasi secara lengkap di Indonesia.

Telkom merupakan salah satu BUMN yang sahamnya saat ini dimiliki oleh Pemerintah Indonesia (52,56%), dan 47,44% dimiliki oleh Publik, Bank of New York, dan Investor dalam Negeri. Telkom juga menjadi pemegang saham mayoritas di 13 anak perusahaan, termasuk PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel).

Berikut adalah penjelasan portofolio bisnis Telkom:

·         Mobile

Portofolio ini menawarkan produk mobile voice, SMS dan value added service, serta mobile broadband. Produk tersebut ditawarkan melalui entitas anak, Telkomsel, dengan merk Kartu Halo untuk pasca bayar dan simPATI, Kartu As dan Loop untuk pra bayar.

·         Fixed

Portofolio ini memberikan layanan fixed service, meliputi fixed voice, fixed broadband, termasuk Wi-Fi dan emerging wireless technology lainnya, dengan brand IndiHome.

·         Wholesale & International

Produk yang ditawarkan antara lain layanan interkoneksi, network service, Wi-Fi, VAS, hubbing, data center dan content platform, data dan internet, dan solution.

·         Network Infrastructure

Produk yang ditawarkan meliputi network service, satelit, infrastruktur dan tower.

·         Enterprise Digital

Terdiri dari layanan information and communication technology platform service dan smart enabler platform service.

·         Consumer Digital

Terdiri dari media dan edutainment service, seperti e-commerce (blanja.com), video/TV dan mobile based digital service. Selain itu, telkom juga menawarkan digital life service seperti digital life style (Langit Musik dan VideoMax), digital payment seperti TCASH, digital advertising and analytics seperti bisnis digital advertising dan solusi mobile banking serta enterprise digital service yang menawarkan layanan Internet of Things (IoT).

Profil perusahaan Google Inc

Google Inc merupakan perusahaan multinasional Amerika Serikat yang berkekhususan pada bidang jasa dan produk internet. Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin. Pada tanggal 4 September 1998 google menjadi perusahaan swasta, dengan misi mengumpulkan informasi dunia dan membuatnya dapat diakses dan bermanfaat untuk semua orang. Pada tahun 2006, kantor pusat google pindah ke Mountain View, California.

Produk dari google diantaranya adalah :

·         Periklanan, yang terdiri dari google adsense dan google adwords

·         Aplikasi pencarian seperti google search, google maps, google earth, google books dan google translate

·         Komunikasi yaitu Gmail, google drive, google docs, dan google chrome

·         Telepon genggam yaitu android

·         Hiburan seperti google video



Omzet google 99% berasal dari iklan yang dipasang pada hasil pencarian di internet, e-mail, peta online, sosial networking, produktivitas perkantoran, dan layanan sharing video. Tiap tahun pendapatan google melalui iklan ini naik tajam, sedangkan 1% pendapatan google diperoleh dari lisensi dan pendapatan lainnya.


Komentar